.

21 Jan 2018

(not) single fighter

Memasuki umur 26 keatas bisa dibilang masa kritis buat perempuan yang masih single dan double (?). Pasti tiap ketemu sodara ada aja tuh yg nanya, ‘sekarang pacarnya siapa? Kenalin dong’ atau ‘mana calonnya kok ga dibawa?’ atau ‘kapan nih nyusul si A?’. Buat yg masih single pasti pertanyaan ini ngeselin pake banget. Buat yg udah punya pacar pun juga ngeselin kalo belom dikasih kepastian sama pasangannya atau kalo masih punya rencana lain selain menikah.

Beberapa waktu lalu aku melihat di medsos teman lama yg memutuskan utk berhijab. Honestly i’m really happy with that, because when we tried to get approach our God, basically God so near with us. Lalu aku mendoakannya agar dia selalu istiqomah dgn keputusannya menutup aurat dan segera menemukan jodohnya. And we talk about her sadness, sampe takut ketemu saudara2 yg bakal nanya ‘mana pasangannya?’ That so sad.

Aku sendiri pernah juga merasakan. Waktu itu baru lulus kuliah dan baru mulai bekerja kira2 umur 23 (masih 23 loh!) Tapi sudah diburu pertanyaan tentang pasangan, padahal waktu masih kuliah orangtua minta utk fokus belajar, jangan pacar2an dulu ( fyi tipe keluargaku termasuk agamis-demokratis, jadi masih dibolehin lah dekat dgn lawan jenis selama masih wajar)

Tapi menurut ku waktu itu benar2 gak adil, gimana sih waktu kuliah katanya fokus belajar dulu gausah pacaran, giliran udah lulus langsug ditanyain calon, dikira kayak nyari kacang kali ya di supermarket banyak *lalu emosi.

Sampai akhirnya menyiapkan hati dan minta sama Allah dipertemuin jodohnya, dan alhamdulillah gak lama setelah itu kenal sama abang yang sekarang jadi zuami.

Intinya buat teman2 yang masih sendiri, masih mencari teman hidupnya, calon imam atau calon mukmin, jangan sedih ya! Here some tips for you!

  1. Siapkan hati dan pikiran. Ini penting banget! Beberapa kali aku berkoar ke temen2 yg sedang cari pasangan, very first thing to do is: tanya ke diri sendiri udah siap belom hatinya. Logikanya gini, percuma dong Tuhan pertemuin dengan jodoh kita kalo kita nya sendiri belom siap. Yang ada malah meleset.

  2. Untuk muslim, coba jalanin solat tahajud dan istikhoroh. Disepertiga malam itu adalah doa yg paling mustajab ya teman2, dan istikhoroh kalo udah keliatan calonnya.

  3. Banyak beramal sedekah. Pernah baca keajaiban sedekah dan sedikit2 aku praktekin and it works! Waktu kita punya keinginan coba deh sedekah ke yg membutuhkan, diterusin sama wish kita. Sedetailnya sebutin keinginan kita.

  4. Berteman dgn banyak orang, bisa ikut komunitas atau perkumpulan yg kamu senangi. Kalo ini nambah network aja sih, namanya juga usaha yekaaaan.

  5. Keep shining! tetaplah berpakaian rapih dan good-looking ketika keluar rumah. Buat perempuan, tetaplah alisan dan berhijab / menata rambut yg rapih walau cm ke indomaret. Buat laki-laki, tetaplah wangi dan stay look fresh walau cuma ke warung. Karena kita gak tau kapan ketemu jodoh.

  6. Carilah seseorang yg seagama. Percuma buang2 waktu pacaran sama yg gak seagama. Kecuali kalo ada faktor salah satu pasangan bakal pindah agama, silahkeun ya itu beda kasus.

Beberapa tips diatas berdasarkan pengalaman pribadi penulis, mungkin yg udah ketemu jodoh bisa menambahkan, monggo tulis dikomen.

Jangan pernah berhenti berdoa, kalo udah berdoa dan berusaha tinggal pasrahkan ke Tuhan. Jodoh itu kita yang cari / usaha, Tuhan yg acc. Kalo dalam islam, janji Allah itu pasti, ada dalam firman-Nya ‘tiap manusia diciptakan bepasang-pasangan’ so jangan khawatir. Semua pasti akan datang di waktu yang tepat :)

0 comments:

 

Blog Template by YummyLolly.com