.

14 Mar 2016

Pregnancy story

Hai, agak sebel sih ya udah niat mau nge-blog dari 2 minggu yang lalu tapi selalu gagal login ke windows live writer. Cari-cari segala macem cara dari google, tetep aja gak bisa, ujung-ujungnya bete maksimal dan gak jadi nulis. Padahal cerita udah diujung jari tinggal di ketik, huh!
Ada yang punya permasalahan yang sama gak sih? Sebelumnya pernah ganti password gmail, terus jadi gak bisa login windows live writer, kenapa ya? Sedih beneran.
Akhirnya pasrah dan manually posting via website blogger :(

=================================================================

Akhirnya masuk juga di semester ketiga kehamilan, third term, yang artinya dedek udah mulai siap-siap untuk penampilan perdananya. Dan si ibuk mulai cuti dan deg-deg-an utk proses persalinan pertama dalam hidupnya (huh! hah! huh!)

Perasaannya campur aduk, pastinya seneng karena alhamdulillah hampir 9 bulan bisa lewatin masa-masa kehamilan yang naik-turun. Sedikit flashback:

On 7 months pregnancy


Setelah usaha membusungkan perut, keliatan juga perutnya :')

Di kehamilan ini perut mulai keliatan buncitnya, ohya kehamilanku bikin orang banyak tertipu karena perut gak kelihatan besar. Ditambah aku suka pake baju yang oversized jadilah gak ada beda, malah banyak yg nanya 'lu hamil apa gak sih? makan banyak iya, tapi perut ga keliatan' Kayaknya hamil gak hamil emang makan nya banyak deh *sigh*

Di kehamilan ini mulai masuk masa audit, tapi masih naik bis bolak-balik grogol-bekasi dan sudirman-bekasi. Sebagian besar masalah hidup itu ada dijalanan jakarta nak.. kerjanya sih happy, tapi dijalan pulangnya yg suka gak bikin happy hiks. Tapi semenjak hamil aku bersiteguh *apasihmi* untuk naik bis yang duduk ajah, walaupun jadi lama nunggu bis nya hiks (lagi).

Walaupun akhirnya ngedrop di libur panjang tahun baru 2016, bedrest karena panas naik turun, hasil darah trombosit turun walau gak seberapa tapi dokter bilang udah masuk gejala DBD. Pilih untuk di opname dengan harapan besok trombsit udah naik, tapi ternyata makin turun. Akhirnya dirawat 3 hari 2 malam dan cepet2 cari kossan karena ga sangghup kalo harus bolakbalik lagi.


But, my little one very strong! Anak pinter yang tetep anteng dan sehat-sehat aja didalem perut ibuknya, yang tetep nendang gak peduli itu uluhati, kandung kemih, atau lambung yang suka bikin ibuk berasa ditonjok dari dalem kayak di filem kungfu hustle pas nge-zoom muka stephen chow abis ditonjok ibuk2 gengster yang lebih mirip ibu kos.

On 8 months pregnancy

Udah mulai masuk klien, bolakbalik bawa laptop, pindah klien A ke klien B terus kekantor. Di kehamilan ini untungnya udah mulai ngekoss daerah tomang, itu aja udah berasa capeknya. Tapi hikmahnya adalah aku jadi tau kalo anak bayi didalem perut ini gak suka makanan beli diluar. Anaknya terlalu rumahan karena setiap abis makan pasti doi gaduh banget dan ibuknya entah kenapa jadi sering diare. Tapi kalo udah pulang ke rumah jarang banget diare, ternyata anak bayi ini tau banget mana masakan neneknya pemirsahh.

Dan ini juga yg bikin aku gak napsu makan, setelah DBD nafsu makan menurun. tapi tetep berusaha makan sedikit. Jelas ini bukan aku banget yang doyan makan, coba konsul ke dokter ternyata memang kehamilan umur segini bikin rahim melebar dan menekan lambung jadi asam lambung cepat naik kalo makan. Disaranin untuk makan sedikit tapi sering setiap 3 jam sekali.

Karena udah masuk 8 bulan, kontrol ke poli kandungan pun jadi 2 minggu 1x. Awalnya agak bete bukan karena gak mau liat dedek tapi antriannya itu loh yang super lama, dokternya terlalu laris manis. Tapi memang dokter ini recomended banget, pro-normal banget dan gak bikin panik.
Waktu hasil tes darah ku kurang bagus, Hb rendah yang artinya aku kurang darah bisa karena anemia atau gejala thalasemia. Pastinya panik tapi dokter nyuruh aku utk tes darah lengkap dulu, hasilnya aku anemia atau defisiensi zat besi dan harus infus venofer utk nambah zat besi 3x seminggu.

Day-1

Berasa jarum suntik belom mau jauh dari badanku, berkali-kali tes darah sampe akhirnya harus di infus 3x seminggu and it's not good idea. Bukan apa-apa, si ibuk aslinya takut sama jarum. Tapi demi masa depan yang lebih cerah ketakutan harus dilawan walaupun takut banget naaaak *ibuk ciyut liat jarum*

Day-2
Day-3

On 9 months pregnancy

Cuti dimulai, horeee!! Di 36 week mulai cuti karena udah masuk masa audit di awal maret. Anakku paling pengertian karena ibuk jadi gak perlu ikut pusing dan lembur audit, makasi ya naak!
Jangan kira cuti artinya leha-leha, justru perjuangan baru dimulai. Banyak pr buat lahiran normal yang harus aku jalanin #dukungrahmilahirannormal.
Dari jalan tiap pagi 10-15 menit, senam hamil, berenang, ngepel jongkok, sampe tidur teratur (maklum auditor ga kenal kata tidur teratur, hiks).

Ketemu temen juga jadi hiburan tersendiri buat aku, karena udah jaraaang banget bisa ketemu, sama-sama sibuk dan tiap ada kesempatan selalu ada halangan jadi berasa seribu tahun gak ketemu *lebay.


Baru aja minggu kemaren ketemu sama duo CPW yang obrolannya udah setingkat lebih maju, walaupun sempet gak diijinin suami karena udah masuk 9 bulan. Rayu-rayu gak berhasil akhirnya ngambek baru diijinin karena dijemput juga dan siap antar kalo tiba-tiba mules hihi.


Waktu nulis blog ini usia kehamilan ku 38w5d, terakhir kontrol cek panggul kayak cek dalam pembukaan persalinan. Seminggu sebelumnya dokter udah kasih tau dan saat itu langsung searching di forum bumil, banyak yg bilang sakit dan gak nyaman dan si ibuk pun parno.

Deg-deg-an banget gak kayak biasanya mau kontrol yang tanpa beban, pemeriksaan dimulai. Ibuk H2C berasa jadi slow motion, perasaan kok lama banget siiiiih..
Gak sampe 5 menit cek panggul, ternyata gak sesakit yang dibayangin. Dokter bilang udah pembukaan-2, posisi badan udah tengkurep, malah kepala udah kepegang. WHATTSS?!

Seneng campur campur! Periksa sebelumnya posisi kepala emang udah dibawah, tapi masih telentang. Buat normal sempurna badannya harus tengkurep. Tambah semangat buat persalinan normal sempurna, dokter masih tetep nyaranin utk ngepel jongkok dan banyak gerak. Satu lagi, BANYAK BERDOA!

Pulang-pulang kasih tau orang rumah dan semuanya mulai siaga, ibuk pun tetap tenang sambil ngunyah kelaperan dari RS seharian.

Sekian dulu pregnancy story aku, jangan lupa dukung rahmi lahiran normal 2016 ya! Gak perlu sms dukungan, cukup doain dengan sepenuh hati *penting banget*.

See ya!

0 comments:

 

Blog Template by YummyLolly.com